Labels

Rabu, 14 November 2012

The Power of Social Media




Hmm….  Siapa yang tidak kenal dengan sosial media, hampir semua orang di seluruh dunia dimulai dari anak kecil hingga orang dewasa tahu tentang sosial media. Sosial media seolah sudah menjadi kebutuhan sehari hari bagi mereka. Dengan sosial media mereka bisa berbagi pengalaman dengan teman terdekatnya baik keluarga, saudara hingga teman dekat mereka.  Media sosial dapat membuat orang yang berada pada jarak yang jauh menjadi terasa dekat.



Namun tahukah Anda ? Di tangan wirausahawan atau pengusaha, media sosial mempunyai peranan terpenting dalam memajukan usahanya antara lain untuk memperluas pasar pemasaran, dengan media sosial pengusaha dapat menjangkau area pemasaran yang sangat luas disamping itu juga bisa meningkatkan jumlah pelanggan. Selain dapat memperluas pasar, melalui media sosial mereka bisa mendapatkan partner ataupun rekan kerja yang berminat dan tertarik untuk bergabung memasarkan. Sehingga seorang pengusaha juga dapat membantu perekonomian orang lain dan juga mengurangi jumlah pengangguran di Negara tersebut.




Memasarkan produk menurut sebagian orang merupakan hal yang sangat sulit karena kita harus pandai dalam berkomunikasi dengan pelanggan kita. Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam memasarkan suatu produk, dalam kehidupan sehari hari orang kadang mengalami kesulitan dalam menyampaikan produknya,  namun dalam media sosial kita dapat berkomunikasi dengan menggunakan gambar dan kata kata yang menarik tanpa ada rasa gugup ataupun malu. Pengusaha kecil dan menengah kini bisa mendapat pasar yang lebih luas berkat adanya media sosial. Mereka bisa  mendapat ide ide baru dari pelanggan yang senantiasa memberikan saran, permintaan akan model barang yang baru membuat pengusaha menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat produk produknya. Dengan media sosial para pengusaha mampu memberikan pelayanan yang terbaiknya tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak , sehingga biaya yang seharusnya untuk biaya pemasaran bisa dipakai untuk keperluan industri yang lain.



Seiiring berjalannya waktu, media sosial telah bertambah bak jamur di musim hujan. Media sosial kini terdapat berbagai macam jenis. Kalangan penggunanya pun semakin lama semakin banyak. Hal ini membuat orang berlomba lomba dalam memasarkan produk yang dijualnya. Tak heran jika sekarang ini banyak sekali pengusaha pengusaha yang diexpose di media masa tentang keberhasilannya memasarkan produk di media sosial. Kini orang orang mulai melirik untuk beralih profesi sebagai usahawan. Bermacam cara mereka lakukan untuk mengawali bisnisnya. Ada yang langsung membuka usahanya tanpa berpikir panjang dan ada pula yang mengawalinya dengan mengenyam pendidikan tentang bisnis. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali sekolah yang menawarkan program pendidikan tentang bisnis. Prasetya Mulya Bussiness school adalah salah satu sekolah bisnis yang menawarkan program pendidikan administrasi tentang bisnis dan magister management (MM),program yang menekankan konsep konsep dalam mengimplementasikan bisnis dalam dunia nyata. Program MM didesain tersendiri  berdasarkan profil dari siswa serta background dan ketertarikan dalam manajemen. Sekarang kita tinggal memilih mana yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan serta bakat kita.



Media sosial sangat membantu banyak sekali para usahawan yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Entah bagaimana jika suatu saat nanti media sosial tidak ada. Pasti para pengusaha akan mengalami kendala dalam memasarkan produknya. Semoga saja itu semua tidak akan terjadi selama para pengguna media sosial tidak menyalahgunakan layanan yang sangat bermanfaat ini.
Sekian artikel ini. Jika terdapat kesalahan dalam penyampaian saya memohon maaf yang sebesar besarnya.

0 komentar:

Posting Komentar